Operasi Selaput Dara Untuk Mengembalikan Keperawanan

Operasi perbaikan selaput dara vagina dalam istilah kedokteran disebut juga Himenoplasti. Operasi ini bertujuan menyatukan kembali selaput dara yang sudah robek. Selaput dara merupakan jaringan tipis yang relatif sedikit mengandung pembuluh darah (avaskuler). Selaput dara pada perempuan memiliki bentuk berbeda-beda. Ada yang berbentuk annular, bersepta-septa ataupun berlubang-lubang.

Secara estetika, operasi mempercantik vagina menawarkan
hasil yang diinginkan setiap wanita, baik kepuasan diri maupun pasangannya. Operasi ini sebenarnya ditujukan untuk mereka (perempuan) yang mengalami insiden (pemerkosaan, adanya robek akibat kecelakaan) namun sekarang ini operasi selaput dara vagina banyak dilakukan dengan alasan untuk memperoleh kembali keperawanan.

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam operasi selaput dara atau keperawanan:
  • Konsultasi menjadi prosedur awal operasi keperawanan. Tahapan ini menjadi jembatan yang menyambungkan dan menyelaraskan keinginan pasien dengan pandangan medis dari dokter.
  • Tahapan berikutnya adalah pemeriksaan kesehatan. Seperti prosedur bedah pada umumnya, operasi keperawanan pun menyimpan risiko. Karenanya penting untuk memastikan calon pasien dalam kondisi prima lewat medical check-up.
  • Masuk ke tahap pengerjaan, pemberian bius dilakukan dengan bius total supaya pasien nyaman, tidak merasa kesakitan, karena posisi pasien seperti orang melahirkan. Teknik yang digunakan pada setiap pasien tidaklah sama, tergantung pada jenis robekan yang ada. Bila robekan baru terjadi dan hanya pada satu tempat saja sementara selaput dara sisanya masih utuh, maka akan dilakukan operasi yang sederhana. Operasi ini hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar 10-20 menit. Bila selaput dara sudah lama robek dan terjadi di beberapa tempat maka teknik yang dilakukan akan semakin rumit. Kemungkinan tersambung dengan sempurna pun menjadi semakin kecil. Waktu yang dibutuhkan untuk operasi ini juga cukup lama, sekitar 30 menit sampai 1 jam.
  • Sebagai tindakan pascaoperasi, pasien diwajibkan “puasa” seks minimal 40 hari atau sampai luka operasi pulih. Hasilnya, keperawanan (selaput dara utuh) pun bisa didapatkan pasien.
Selain Himenoplasti ada juga cara perbaikan selaput dara dengan menggunakan sinar laser dan ozon.

Operasi keperawanan dengan laser vagina

Wanita yang sudah pernah melahirkan anatominya mengalami perubahan. Seperti bentuk tubuh semakin berisi, pinggul lebar, diding vagina mengendor, sulit mengontrol buang air kemih.Mengapa kendor ? Karena struktur pendukung bangunan vagina seperti otot dan tonus melemah dan dia meter internal dan eksternal membesar. Perubahan-perubahan tersebut secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi kenikmatan hubungan seksual.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu peremejaan vagina dengan teknik Laser Vaginal Rejuvenation. Alat ini dirancang untuk untuk meningkatkan tonus, kekuatan dan kontrol vagina secara efektif. Prosedur ini juga akan mengecilkan diameter vagina internal dan eksternal selain juga memperkuat bagian perineum. LVR juga ditujukan untuk mengatasi stress urinary incontinence (sulit mengontrol kencing) Sesuai namanya operasi ini dilakukan menggunakan Laser. Dilaksanakan selama 1 jam dan hanya mengeluarkan sedikit darah.

Ada beberapa teknik Laser Vaginal Rejuvenation
  1. Laser Reduction Labioplasty 
  2. Laser Perineoplasty 
  3. Laser Hymenoplasty 
  4. Laser Vaginoplasty 
Operasi keperawanan dengan Ozonisasi Vagina

Selain tindakan operasi untuk memperbaiki, organ intim agar bisa terasa lebih kesat, kencang ada cara lain. Diantaranya adalah pembersihan dalam vagina yang dilakukan dokter ahli. Selain itu kini juga ada "ozomsasi vagina” Yang melakukan tindakan adalah dokter, prosesnya dengan pembersihan vagina bagian luar dengan menggunakan cairan antiseptik. Penyemprotan vagina bagian dalam dengan cairan antiseptik

Menggunakan alat penyemprotan khusus sehingga penyemprotan bisa masuk ke dalam liang vagina. Kemudian dilakukan penyemprotan dengan menggunakan antibakteri dan antifungus. Berikutnya penyemprotan deodorant agar vagina berbau harum. Terakhir vagina akan disemprot dengan ozon (uap). Proses penyemproton vagina ini berlangsung sekitar 15 menit.

Semua jenis operasi perbaikan selaput dara tersebut di atas adalah aman dan tidak menimbulkan resiko bahaya serius untuk kesehatan, tetapi perlu diketahui bahwa tipisnya jaringan pada selaput dara dan juga tidak adanya pembuluh darah membuat selaput dara tidak bisa diperbaiki persis seperti sedia kala. Jadi walaupun bisa diperbaiki, tetap saja selaput dara yang sudah dioperasi tidak akan sama dengan yang masih utuh. Selain itu jika hanya dengan alasan untuk mengembalikan keperawanan sebaiknya jangan dilakukan, karena makna dari perawan itu sendiri adalah BELUM PERNAH MELAKUKAN HUBUNGAN SEKSUAL. Jadi meskipun selaput dara anda utuh kembali tetapi anda pernah melakukan hubungan intim tetap saja anda tidak perawan.