Mengenal Ejakulasi Dini Pada Pria

-

Apa pengertian Ejakulasi Dini?

Secara sederhana ejakulasi dini diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seorang laki laki terlalu cepat ejakulasi. Terkadang hal ini terjadi saat mr p belum tersentuh apa apa. Hanya dengan memikirkan sesuatu yang merangsang penderita ejakulasi dini sudah dapat mengalami ejakulasi. Namun yang paling sering terjadi yakni ejakulasi terjadi sesaat setelah mr p melakukan penetrasi. Ejakulasi dini berarti ketidakmampuan mengontrol ejakulasi sehingga terjadi dalam waktu singkat, yang tidak sesuai dengan keinginannya, sedangkan ejakulasi sendiri adalah peristiwa penyemburan air mani ke luar secara mendadak yang menandai klimaks bagi pria.


Jenis- Jenis Ejakulasi Dini

  • Ringan :Ejakulasi terjadi setelah beberapa kali gesekan singkat.
  • Sedang :Ejakulasi terjadi setelah penis masuk ke vagina.
  • Berat : Ejakulasi terjadi sebelum atau begitu penis menyentuh kelamin wanita bagian luar. 

Kenapa bisa terjadi Ejakulasi Dini?

Ada beberapa keadaan yang dapat mempengaruhi proses terjadinya ejakulasi, antara lain perubahan pada kelenjar prostat, atherosklerosis, diabetes dan gangguan saraf serta kegagalan dalam mengendalikan respon ejakulasi. Para ahli dibidang seksualitas beranggapan, pengalaman seksual di masa muda akan mempengaruhi pola ejakulasi nantinya. Mereka berasumsi, kebiasaan melakukan aktifitas seksual secara terburu-buru, pengalaman seksual yang tidak menyenangkan di masa lalu akan membuat semacam pola pembelajaran di otak untuk selalu mempercepat proses ejakulasi. Suasana lingkungan yang tidak nyaman saat beraktifitas seksual juga dapat merangsang ejakulasi secara cepat.

Beberapa gangguan psikososial yang memberi andil terjadinya ejakulasi dini antara lain :
  • Pasangan menderita sakit
  • Tekanan di tempat kerja, tekanan finansial
  • Masalah keluarga, kehilangan anggota keluarga, masalah anak anak
  • Orientasi seksual yang salah
  • Kurangnya pengalaman beraktifitas seksual
  • Keadaan rumah yang ramai
  • Gangguan cemas berlebihan, ketakutan mengalami kegagalan
  • Kurangnya kemampuan melakukan aktifitas seksual.
Dari semua yang disebutkan diatas, alasan yang paling sering mengemuka adalah ketidakharmonisan hubungan rumah tangga. Beberapa komponen dari gangguan hubungan suami istri ini adalah : istri yang hiperseksual, harapan yang berlebihan dari hubungan seksual, ketidakcocokan kebutuhan di dalam hubungan suami istri, tidak pernah merasa terpuaskan, kurangnya komunikasi dan kepercayaan, perselingkuhan, istri yang juga mengalami gangguan fungsi seksual, dan perasaan ingin memuaskan pasangan terlalu besar.

Bagaimana cara mencegah dan mengobati Ejakulasi dini?

Untuk mencegah ejakulasi dini tentu berusaha menghindari fakor penyebab ejakulasi dini yang sudah disebutkan di atas. Sedangkan untuk mengobatinya, bisa dengan melakukan pengobatan sendiri atau melalui bantuan dokter. Metode pengobatan sendiri yang cukup efektif dalam mengatasi ejakulasi dini adalah ‘stop/start technique’. Teknik ini bisa dilakukan sendirian atau dibantu oleh pasangan.
  • Langkah 1: Mulailah merangsang mr p, berhentilah sesaat sebelum ejakulasi.
  • Langkah 2: Istirahatlah, jangan lakukan rangsangan dalam 30-60 detik.
  • Langkah 3: Mulai merangsang mr p lagi, berhentilah kembali ketika akan ejakulasi.
  • Langkah 4: Ulangi langkah diatas antara 4 sampai 5 kali sampai anda dapat mengendalikan ejakulasi sendiri.
Ada juga pengobatan dengan Terapi seks. Sex therapy, yang dilakukan untuk mengontrol ejakulasi dilakukan dengan bantuan istri. Pada dasarnya cara ini dilakukan melalui beberapa langkah.
  • Istri melakukan masturbasi terhadap suami yang menderita ejakulasi dini dengan posisi suami berbaring terlentang, sampai suami merasa ingin orgasme dan ejakulasi.
  • Pada saat suami merasa ingin orgasme dan ejakulasi, istri melakukan penekanan pada penis dengan menggunakan ibu jari, telunjuk dan jari tengah, selama beberapa detik untuk menghambat terjadinya ejakulasi.
  • Istri melakukan masturbasi terhadap suami sampai terjadi ereksi yang cukup, lalu segera memasukkannya ke dalam vagina dalam posisi istri di atas tanpa melakukan gerakan. Bila suami merasa akan ejakulasi, istri segera mengangkat tubuhnya dan melakukan penekanan pada penis seperti pada langkah kedua. Selanjutnya rangsangan dengan masturbasi diulang lagi, dan dilanjutkan dengan hubungan seksual seperti di atas.
  • Dilakukan setelah beberapa hari melakukan latihan di atas. Pada langkah ini, suami diizinkan melakukan tekanan untuk mempertahankan ereksinya selama melakukan hubungan seksual dengan posisi istri di atas.
  • Dilakukan bila suami sudah lebih mampu mengontrol ejakulasi. Pada langkah ini pasangan dapat melakukan hubungan seksual dengan posisi samping. Kalau dengan posisi ini suami mampu menahan ejakulasi, maka hubungan seksual dapat dilakukan dalam posisi suami di atas.
Ejakulasi dini sering menjadi salah satu bayang-bayang menakutkan bagi pria, namun perlu diketahui Ejakulasi dini tidak ada hubungannya dengan gangguan kesuburan, jadi bagi anda yang khawatir akan kemandulan, anggapan atau mitos ejakulasi bisa menyebabkan kemandulan itu harus di hilangkan, karena kehamilan dapat saja terjadi asal sperma masuk perempuan dan berhasil membuahi sel telur dalam rahim.