Cara menghitung Kesuburan dengan Ovutest

-

Ovutest adalah alat uji masa subur pada wanita dengan mengukur kadar LH pada urine. Alat ini dapat mendeteksi secara cepat, tepat dan terpercaya. Dalam satu box berisi 1 box isi 10 strip. Ovutest bekerja dengan cara bereaksi (berubah warna atau memunculkan tanda) satu hari sebelum masa subur, dimana kenaikan LH yang diproduksi oleh kelenjar pituitari sudah terjadi.

Ovutest mendeteksi adanya peningkatan hormon LH (LH surge) yang terjadi sebelum ovulasi. Penting diketahui bahwa LH surge terjadi biasanya pada pagi hari. Hormon LH dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis ke dalam darah dan baru akan terdeteksi dalam urin beberapa jam kemudian. Pemeriksaan dapat dimulai 3 hari sebelum waktu perkiraan ovulasi.

Berikut ini adalah cara menghitung kesuburan dengan Ovutest

Yang pertama-tama dilakukan adalah mengetahui masa subur dengan sistem kalender, silahkan cocokan dengan tabel kalender di bawah ini:

Klik untuk memperbesar gambar
Keterangan :
Menstruasi hari pertama adalah hari ke-1, jika siklus menstruasi Anda kurang dari 21 hari atau lebih dari 40 hari, maka konsultasikan dengan dokter Anda
Untuk menentukan kapan mulai tes adalah sebagai berikut :

Contoh :
Jika siklus Anda 28 hari (lihat tabel siklus diatas), maka tes dilakukan pada hari ke-11, cara menentukan hari ke-11 sbb :

Keterangan :
3 = adalah tanggal pertama haid
11 = hari mulai tes
atau dapat dihitung dengan cara 3+11 = 14

Jadi, tes kesuburan dimulai pada tanggal 14 bulan terakhir.

Cara menggunakan Ovutest: Pegang strip OVUTEST pada bagian yang berwarna hijau, celupkan strip pada bagian yang berwarna putih hingga batas tulisan ”MAX” selama +/- 3-5 detik. Angkat dan letakkan pada bidang datar. Tunggu 1-5 menit hingga hasil muncul.

Cara membaca Hasil test: Hasil positif ditunjukkan dengan munculnya warna garis pada strip, yang di bawah lebih gelap atau sama dengan warna garis yang di atas. Artinya, ovulasi (masa subur) akan terjadi dalam waktu 24-48 jam ke depan. Hasil negatif ditunjukkan dengan munculnya warna garis pada strip, yang di bawah lebih muda dari yang di atas, atau hanya garis yang di atas saja yang muncul. Artinya, ovulasi (masa subur) tidak terjadi. Hasil Invalid/salah, bila tidak muncul garis

Perhitungan di atas dilakukan untuk mengetahui kapan waktu untuk memeriksa masa subur menggunakan Ovutest. Lakukan pengujian dengan menggunakan urin antara jam 10.00-20.00 tapi jangan gunakan urin pertama di pagi hari. Sebaiknya kurangi asupan cairan 2 jam sebelum melakukan tes karena bisa mempengaruhi untuk mendapatkan hasil yang akurat. Selamat Mencoba!